Cara menjalankan Windows Defender / MSE, aplikasi perlindungan untuk memproteksi komputer dari trojan dan malware

WINDOWS 7Windows Defender merupakan perangkat lunak pengintai (spyware) yang terintegrasi di Windows Vista/7 dan merupakan bagian dari Microsoft Security Essentials (lebih dikenal sebagai MSE). Aplikasi ini sengaja dibuat Microsoft untuk melindungi file-file sistem operasi Windows 7 dari program-program berpotensi berbahaya seperti trojan, spyware dan malware. Versi Windows sebelumnya tidak dilengkapi Defender ataupun MSE, namun aplikasi yang dapat di-update databasenya dari internet ini bisa diunduh secara gratis untuk Windows XP / Server 2003. Di Windows 8, Windows Defender ini sudah ditingkatkan fitur dan statusnya sebagai program antivirus pengganti MSE, maka pengguna Windows 8 sebaiknya tak perlu lagi menginstal program antivirus tambahan untuk melindungi pc komputernya.

Cara menjalankan aplikasi Windows Defender di Windows 7

Ada bermacam cara untuk mengakses aplikasi Windows Defender dan menjalankannya di Windows 7, yaitu melalui Startmenu, Control Panel, dan panel jendela Run.

  • Untuk menjalankan Windows Defender dari Startmenu, klik Startmenu, lalu ketik kotak isian pada Search program dan files dengan Windows Defender dan pilihlah Windows Defender untuk dijalankan.
  • Sedangkan di Control Panel, aplikasi Windows Defender tersebut dapat ditemukan dengan mudah dan jelas di bagian urut bawah sesuai urutan abjad W.
    Note: klik dulu View by: Small/Large icons untuk menampilkan semua aplikasi panel
  • Terakhir, ketikkan "%ProgramFiles%\Windows Defender\MSASCui.exe" ketika hendak menjalankan Windows Defender melalui jendela RUN.

Cara mengupdate Windows Defender di Windows 7

Ketika pc Windows 7 terkoneksi di Internet, maka saat aplikasi aplikasi bawaan Windows ini dijalankan maka secara otomatis akan mendeteksi dan memperbaharui sendiri database definisi antispyware, virus dan malware. Jika tidak, silahkan klik dropdown menu disamping kanan menu Help (?) dan klik Check for updates. windows 7 defender update check

Cara scanning file dan folder dalam harddisk menggunakan Windows Defender di Windows 7

Untuk menscanning file-file sistem dari virus caranya sangat mudah. Contohnya untuk mendeteksi folder tertentu atau flash disk apakah terbebas dari virus;

  • Klik menu dropdown disamping kanan Scan,
  • Lalu pilih Custom Scan...,
  • Selanjutnya klik tombol , lalu pilih tandai (√) folder, drive, yang ingin di-scan dan Ok.
  • Terakhir, tekan tombol untuk memulai proses pendeteksian. windows 7 defender scanning file from virus malware

    Defender, aplikasi bawaan Windows 7 ini memang cukup berguna 
    mengecek dan mengamankan semua file-file sistem dan dokumen 
    di harddisk dari gangguan trojan, spyware dan malware. 
    Namun tetaplah untuk keamanan yang kuat, Windows 7 masih 
    perlu diinstall sebuah program Antivirus, semacam Avira, AVG, 
    Norton atau SmartDav. Silahkan dipilih salah satu agar 
    komputer kita lebih terlindungi dari virus-virus baru yang 
    berbahaya. 
    

Demikian tips cara menjalankan Windows Defender di Windows 7. Semoga bermanfaat.